Kamis, 13 Januari 2011

Telitilah dalam Membeli Sebuah Berlian

berlian

 

 

 

 

 

 

Anda Pebisnis Berlian ?

“Telitilah dalam membeli” itulah kata-kata bijak yang harus  selalu diingat. Kesalahan sedikit akan menimbulkan kerugian yang lumayan.

1. Telitilah Keasliannya, banyak cara untuk menilai keaslian berlian baik dengan cara melihat langsung atau dengan alat seperti diamond selector. Kesalahan dalam menilai keaslian akan berakibat fatal. Sekarang ini banyak permata yang sengaja dibuat untuk menyerupai berlian.

 

diamond selector

 

2. Lihat Kualitasnya

Kualitas berlian biasa dinamakan 4C yang terdiri dari Color, Clarity, Cut, Carat.

4C itulah yang harus dipelajari agar menjadi penilai berlian yang handal, untuk menjadi penilai yang handal dibutuhkan ketekunan dan pengalaman, semakin sering menilai berlian maka akan menambah keahlian.

Seorang yang terbiasa menilai berlianpun kadang-kadang bisa terpeleset seperti :

Moissanite dinilai berlian, American Diamond dinilai berlian, dan sebagainya. Kalau Sekedar menilai asli atau tidaknya  memang tidak begitu sulit tinggal beli alatnya dan gunakan sesuai petunjuk.

Kesalahan yang sering terjadi adalah bagaimana menentukan sebuah berlian berkualitas  “ Very Good, Good, medium atau Poor “ itulah yang paling sulit, dan perlu waktu lama untuk mempelajarinya. Cuting meliputi Proporsi, sudut, dan lain-lain. Berlian dengan proporsi yang bagus akan memancarkan sinar atau kecemerlangan yang bagus pula itulah kuncinya.

 

image5
Berlian Dengan Kualias bagus 

 

Banyak berlian, berlian kurang bagus yang beredar di pasaran, maka waspadalah !!!!

Selisih berlian yang bagus dengan yang jelek sangatlah besar, bila kita salah menilai bisa berakibat fatal. Misalnya berlian dengan kualitas Good, Warna H, besar 1 carat, kejernihan VVS1 harganya bisa diatas 30 juta, namun bila cuttingnya hanya medium maka harganya hanya sekitar  2 – 3 juta.

 

Clarity

Clarity juga sesuatu yang penting, banyak penilai berlian yang salah dalam menilai clarity, hal ini disebabkan karena faktor Mata atau penggunaan Loupe yang kurang bagus atau pencahayaan yang kurang.

Gunakanlah loupe yang bagus dalam menilai berlian, harga Loupe tidaklah mahal

 

74398_1610687354538_1456867392_1588081_83590_s

Loupe yang standar dalam menilai berlian adalah Loupe dengan pembesaran 10x, namun demikian tidak ada salahnya bila menggunakan loupe lebih dari 10x akan tetapi dalam penentuan Clarity tetap berpedoman pada Loupe dengan pembesaran 10x

 

images.jpgb

Periksalah dengan teliti

pertama gunakan mata tanpa Loupe, lihat dari atas dari bawah, dari samping kanan dan samping kiri. kemudian lihatlah pakai loupe yang teliti juga. Sebaiknya berlian dibersihkan dulu dari kotoran-kotaran dengan menggunakan alkohol.

 

Color

Warna berlian bermacam macam, dari mulai D sampai dengan Z dan Fancy Color, semakin  tanpa warna  ( putih embun) semakin mahal. Sebaiknya memang membandingkan dengan master warna yang kita punya. Kesalahan dalam menilai warna juga sangat berbahaya.

 

Carat

Carat adalah satuan berat untuk permata termasuk berlian, satu carat sama dengan berat 0,2 gram atau 1 gram sama dengan 5 carat. harus diingat carat berlian berbeda berbeda dengan karat emas.

alat pengukur carat juga bermacam macam, anda bisa lihat di web ini, bacalah dengan teliti maka anda akan menjadi penilai berlian yang handal.

Semoga tulisan ini bermanfaat, Jika Anda membaca tulisan ini dan merasa bermanfaat maka jangan lupa doakan penulis, “ ya Allah berilah Keberkahan pada Saudara Wiryo serta muliakan Hidupnya, Amiin “.

 

 

Wiryo
Penilai dan pengajar Berlian
http://belajarberlian.wordpress.com

 

 

 

 

Link Populer

1.Tips Mendapatkan Pasive Income dari Internet

2.Cara Cerdas Investasi Emas

3.Jual Alat Uji emas dan berlian harga murah Bermutu

4.Bisnis Pulsa Tanpa Modal hasil Jutaan

5.Tutorial Bisnis Berlian

6.Diamond Selector II, alat uji Keaslian Berlian

7.Bisnis Sambilan Hasil Melimpah

0 Comments: