Senin, 08 Maret 2010

SKALA MOE

imagesCA6IAV6G

Dalam mengukur berlian kita tidak pernah lepas dengan alat yang namanya alat dan tabel Moe. Alat ini benar-benar sangat membantu dalam mengukur carat berlian. Karena penggunaannya yang sangat mudah maka alat ini sangat familier dengan pecinta berlian. kita hanya mengukur Diametar atau Sengkang (S) kemudian mengukur tinggi (dept) terus melihat tabel dan dapat langsung menemukan carat berlian yang kita ukur.

 

Namanya juga alat, tentulah ada kelemahannya :

1. Alat ini sulit untuk mengukur berlian-berlian yang kecil-kecil misalnya o,01 ct, 0,02 ct 0,03 ct dan lain-lain. karena tertutup dengan emas pengikatnya.

2. Alat ini juga tidak bisa mengukur berlian yang terikat mangkok (Pavilyun tertutup perhiasan pengikat) karena akan kesulitan mengukur tingginya.

 

Dari beberapa kelemahan di atas alat ini mempunyai kelebihan dapat mengukur untuk berlian-berlian bentuk Fancy, inilah alternatif untuk pengganti pisau ukur Metmess.

 

Yang Jadi pertanyaan adalah?  kenapa mengukur pakai Alat Moe dengan langsung melihat tabel hasilnya  selalu lebih besar bila dibandingkan kita mengukur dengan menggunakan rumus mencari berat dengan bantuan alat Moe?

 

Misalnya

berlian Round atau bulat Rumus nya  adalah berat = r X r X T X 0,0245 , maka kita hanya menggunakan bantuan alat Moe untuk mengukur r dan T nya, padahal satuan dalam rumus tersebut adalah milimeter.

 

hasil dari perhitungan dengan rumus dibandingkan dengan lihat tabel selalu lebih kecil. Ini yang perlu kita cermati.

 

imagesCA9OB3MS

Dalam sebuah literartur buku wajib pegangan Pegadaian perbandingan antara Skala Moe dengan milimeter adalah = 1: 3.31  atau satu Skala Moe= 1/3.31 mm.

 

Pernahkan kita meninjau kembali Konversi tersebut?

Padahal untuk mengecek kembali kebenaran perbandingan tersebut sangat mudah. Gunakan A.D Leveridge dan Bandingkan dengan Alat Moe.

Misalnya 5 A.D Leveridge dibandingkan dengan 5 Alat Moe.

Menurut kami Konversi Skala Moe ke milimeter perlu ditinjau kembali, saya telah mengukur dan membandingkan antara hasil perhitungan dengan alat A.D Leveridge (satuan milimeter ) dengan Alat Moe, ternyata hasilnya hanya 1 skala Moe = 1/3.29 mm .

1 milimeter : Skala Moe  = 1 : 3.29

itulah sebenarnya penyebab selisih yang terlalu jauh antara perhitungan dengan alat Moe dengan menghitung berat dengan rumus. *semoga bermanfaat*

 

wiryo
Pengajar & Praktisi berlian
http://belajarberlian.wordpress.com
http://emaspermata.blogspot.com

 

0 Comments: