Selasa, 11 Oktober 2011

TIPS MEMBELI BERLIAN

berlian medan berlian medan1
gambar berlian medan, harga murah. hati-hatilah  

 

Berhati-hatilah dalam membeli berlian, kenapa? karena tidak semua berlian berharga mahal. Banyak berlian berharga murah, serta banyak juga berlian abal-abal di pasaran. Synthetic Moissanite contohnya, permata ini mirip sekali dengan berlian. Jangankan orang Awam, penaksir yang berpengalaman pun kadang-kadang terkecoh. Oleh karena itu perlu hati-hati dalam membeli berlian. hal yang pertama dalam membeli berlian yang perlu diperhatikan adalah:


1. Keasliannya
Bagaimana menentukan keaslian berlian? untuk seorang yang Ahli dengan cara melihat pakai mata telanjang pun bisa membedakan mana yang asli dengan yang bukan berlian. Untuk orang awam sangat perlu menggunakan alat penguji keaslian berlian. Misalnya dengan diamond dual tester, alat untuk mendeteksi berlian sekaligus Synthetic moissanite.
Alat ini banyak dijual di toko peralatan emas dan berlian, Anda bisa beli di sawah besar. Alat ini tidak terlalu mahal.


2. Kilau Pancaran Cahaya
Berlian yang bagus akan memancarkan cahaya yang Indah. Kilauan yang Indah mencerminkan bahwa berlian tersebut memiliki proporsi yang ideal. banyak berlian yang tidak bersinar / berkilau walaupun berlian tersebut telah di goyang-gayang cara pegangnya, hal ini karena memang proporsi yang kurang ideal. Seperti berlian Medan atau berlian Banjar umumnya memiliki proporsi yang kurang ideal.

3. Perhatikan Kejernihannya
Semakin banyak cacat / bintik-bintik didalam maupun di bagian luar berlian maka harga akan semakin murah, maka telitilah dengan seksama dengan menggunakan Loupe pembesaran 10x. pemeriksaan kejernihan meliputi:
-Letak dari cacatnya
-Besarnya
-Banyaknya.


4. Besarnya atau Caratnya.
Sebelum membeli usahakan ukurlah terlebih dahulu, jangan percaya dengan omongan penjual. Alat pengukur berat berlian sangat murah.


5. Belilah sama orang yang terpercaya.

0 Comments: