Kamis, 04 Februari 2010

Waspadalah Dengan Moissanite

images

Jangan Sampai Moissanite dihargai sebagai Berlian.

Moissanite sebuah jenis permata yang dibuat menyerupai berlian dan biasa disebut diamond simulants atau imitasi. Moissanite mempunyai kekerasan yang cukup tinggi sekitar 9,25 dalam skala Mohs jadi mungkin akan susah tergores bila jarum uji yang ada di cabang Anda "TUMPUL".  Disamping kekerasannya yang cukup tinggi Moissanite mempunyai sifat atau karakteristik yang sama seperti berlian bila diuji dengan diamond selector, Moissanite akan menyala dan berbunyi jika diuji dengan Diamond selector.

 

Sekarang ini moissanite telah beredar di pasaran dengan ukuran 1 carat, serta banyak pula yang berukuran 0,02, 0,03, 0,05 ct dan lain-lain. Tetaplah waspada dengan permata jenis ini.

 

Langkah yang paling ampuh dalam mencegah masuknya moissanite adalah dengan menggoresnya dengan jarum uji berlian. Jadi bila Jarum uji berlian yang Anda punya tumpul segeralah diganti dengan yang tajam.

 

Sebelum menggores dengan jarum uji berlian, kami sarankan agar diuji dulu dengan diamond selector  yaitu:

1. Ujilah setiap permata yang masuk pertama kali dengan diamond selector jika diamond selector tidak nyala merah dan berbunyi berarti bukan berlian, jadi tidak perlu lagi diuji dengan jarum uji berlian.

2. Bila diuji dengan diamond selector menyala merah dan berbunyi maka langkah selanjutnya adalah menguji dengan jarum uji berlian hal ini untuk mengurangi resiko kerusakan permata.

PERHATIAN
Jangan menguji permata langsung dengan jarum uji berlian tanpa didahului dengan uji diamond selector, karena dapat merusak permata yang bukan berlian.

 

Semoga bermanfaat

 

wiryo
http://komunitaspenaksir.wordpress.com

 

 

 

 

0 Comments: