Kamis, 11 Februari 2010

Motif Investasi Emas

nabung1

Pada dasarnya Investasi adalah menyisihkan sebagian harta kita untuk keperluan dimasa yang akan datang. Ada juga yang mengartikan  Investasi adalah mengeluarkan sejumlah uang atau menyimpan uang pada sesuatu dengan harapan suatu saat mendapat keuntungan financial. Seperti membeli property, membeli saham, membeli reksadana, membeli emas, ada juga yang hanya menimbun hasil pertanian.

 

Investasi Emas sebenarnya fungsinya hanya melindungi asset kita karena harga emas dianggap relatif tetap. Misalnya kalo kita menyimpan uang maka nilai uang akan habis tergerus Inflasi, kalau waktu tahun 1996 harga bensin hanya 700 perliter sekarang sudah 4.500 perliter. Bayangkan kalau kita menyimpan dalam bentuk uang maka uang kita akan habis nilainya.

Orang-orang yang membeli emas dengan motif investasi biasanya yang dibeli adalah emas dalam bentuk batangan 24 karat, mengapa?

Harga emas batangan dengan kadar 24 karat tidak terkena pajak PPn jadi harga akan lebih murah, sedangkan kalau kita membeli dengan kadar di bawah itu atau dalam bentuk yang lain maka akan terkena PPn 10%.  Untuk menjual emas batangan juga lebih mudah, karena pembeli dan penjual tidak ada persepsi perbedaan kadarnya.

emas

Namun  emas batangan emas tidak bisa dipakai layaknya perhiasan.

Umumnya Masayarakat sekarang membeli emas adalah untuk keperluan penampilan atau Fesyen sehingga mereka membeli mengikuti trend atau mode perhiasan. Seperti emas putih yang sekarang lagi ngetrend walaupun harganya relatif lebih mahal mereka lebih suka membeli emas putih.

imagesq

 

Investasi dalam bentuk emas sebenarnya sangat mudah, beli di waktu harga rendah dan jual di waktu harga tinggi maka kita akan cepat mendapatkan keuntungan.

 

Dapatkan :

 Jurus Cerdas Berkebun EMAS, strategi berinvestasi EMAS dengan cara yang tidak pernah Anda Fikirkan

 

0 Comments: