Sabtu, 03 Juni 2023

Bagaimana Membeli berlian agar tidak tertipu?














Bagaimana membeli berlian agar tidak tertipu? 
berlian identik dengan keindahan, identik pula dengan harganya nya yang cukup mahal oleh karena itu banyak pula yang sengaja membuat permata yang menyerupai berlian, niat awal orang membuat permata tiruan ada yang hanya untuk hiasan saja namun kadang dimanfaatkan oleh oknum untuk menipu orang. Jadi bagaimana cara membeli berlian agar tidak tertipu oleh batuan lain yang harganya lebih murah, ibarat niatnya membeli mercy dengan membayar seharga mercy namun yang didapat hanyalah bajaj maka kita akan menyesal bukan ?

agar kita tidak tertipu ada berbagai cara yang perlu kita perhatikan :
1. belilah berlian pada toko yang terpercaya, toko yang punya nama baik.
2. kenali berlian, agar kita mengetahui  mana yang natural, mana yang sintetik dan aman yang simulant. 

Pengertian natural, sintetik dan simulant wajib kita ketahui bagi anda yang ingin berbisnia berlian atau sekedar memiliki berlian, karena ketiga nya memiliki harga yang jauh bedanya. 

Berlian Natural, adalah berlian yang terbentuk secara alami di alam, di dalam perut bumi. berlian ini yang harganya mahal. 

Berlian sintetik adalah berlian yang dibuat di laboratorium, dengan bahan yang sama yaitu carbon sehingga mempunya sifat fisik yang sama. dewasa ini harga berlian sintetik sangatlah murah karena sudah diproduksi masal.  Ada dua jenis berlian sintetik yaitu :  berlian HPHT dan berlian CVD, harga berlian sintetis berkisar antara 1 s.d 5% dari harga berlian natural.  Jadi bila berlian Natural satu carat nya 80 juta maka berlian sintetis hanya 800.000 s,d 4.000.000 saja, dengan catatan kualitasnya sama. 

terus apa itu simulant ? simulan hanyanya permata yang dibentuk mirip dengan bentuk berlian yang asli, bisa saja terbuat dari zircon, safir, topas dan lain-lain. 

Bagaimana cara mengenali berlian Natural agar tidak tertipu?
ada berbagai cara untuk mengenali berlian yang natural, namun bagi orang yang awam dapat menggunakan alat bantu agar lebih cepat. 

Kita pernah mendengar diamond selector ???















Alat sederhana ini dapat memisahlan batuan denga berlian dengan cepat, harganya juga sangat murah, harga sekarang ini hanya sekitar Rp. 150.000,-  dan dapat dengan mudah didapat di tokopedia.

alat ini mempunyai keterbatasan 
1. Tidak bisa membedakan berlian dan Moissanite
2. Tidak bisa membedakan berlian Natural dan sintetis .

bagaimana agar kita tidak tertipu dengan Moissanite? 
gunakan alat lain, banyak yang menjual nya misalnya gunakan Presidium Multitester, namun alat ini harganya cukup mahal, harga sekitar Rp. 4.650.000,- jangan beli dengan harga di atas itu yah... he...he..












Menggunakan Presidium Multitster  juga masih ada kekurangannya walaupun sudah bisa membedakan antara berlian dan moissanite, alat ini tidak bisa membedakan antara berlian natural dengan berlian Sintetis.*** 

By Wiryo, Pengajar berlian
http://sinarpermata.wordpress.com







0 Comments: