Selasa, 11 September 2012

Cara Mudah Test Keaslian Berlian

 

berlian besar  

Bagaimana menguji Keaslian berlian?? itu biasa pertanyaan yang sering dilontarkan oleh orang yang mau bisnis berlian tapi tidak tahu caranya. Padahal cara menguji berlian sangatlah mudah bagi orang yang sudah terbiasa memegang berlian, terlebih orang yang kerja di Pegadaian yang tiap harinya menguji berlian.

Begini cara mengujinya:

cara pertama ; Ambil permata yang akan diuji, taruh di atas koran dengan posisi bagian yang lebar di bawah yang lancip di atas. Lihat tulisan dari atas perhatikan apakah masih terlihat tulisannya atau bintik-bintik hitam?

Jika masih terlihat sudah pasti itu bukan berlian, jika tidak terlihat tulisan atau bintik-bintik hitam kemungkinan permata tersebut adalah berlian.

transparancy test  

 

Cara kedua  Gunakan alat test yang bernama Diamond Selector, alat ini sangat sederhana dan harganya sangat murah, hanya sekitar 300 ribu rupiah. Tinggal dinyalakan dan ujungnya ditempelkan ke permata, jika naik dan berbunyi maka permata tersebut adalah berlian.

test berlian  

Cara ketiga ; cari berat jenisnya, permata yang ukuran besar akan mudah dicari berat jenisnya. Dalam Sekolah kita tahu rumus berat jenis

masa jenis  

Berat jenis adalah berat benda dibagi volume benda tersebut, biasanya dinamakan specific gravity. Berat jenis berlian adalah sebesar 3,52 gr/cc.

Nah Gampang kan cara uji keaslian berlian, dan masih banyak lagi cara-cara menguji keaslian berlian, banyak jalan menuju roma itulah kata orang bijak.

wiryo
Penilai Emas dan Berlian
http://sinarpermata.wordpress.com

Berita Terkait

1. Alat Test Berlian

2. Peluang Binis di Batu Permata

3. Cara Menguji keaslian Batu Permata

 

1 Comment:

Unknown said...

Mau tanya ni bos, bagaimana cara gunakan diamond selector II, apa sekedar di tempelkan ke berlian atau ditempel ujung selector ke berlian sambil di tekan...mhn info nya trims