Selasa, 06 Maret 2012

Paradigma Baru di Dunia Bisnis

happy

 

It’s not just only business it is the process how we could bring happiness for all of customer and people around us. ( Tony Hsieh, Zappos)

 

Dalam Buku Delivering Happiness, Passion, and Purpose, diceritakan bagaimana Budaya perusahaan  di PT Zappos.  Menurut Tony Hsieh dalam bukunya di atas tujuan bisnis bukanlah uang semata, melainkan memberikan kebahagiaan kepada pelanggan, bahkan kepada dunia. profit atau keuntungan merupakan akibat dari Passion (gairah/semangat) dan purpose (tujuan).

 

menurut Tony, ada tiga jenis kebahagian yaitu: Rock Star, Flow dan Higher Purpose.

Yang pertama adalah Rock star yaitu kebahagiaan karena memperoleh hal-hal yang diinginkan, seperti memenangkan kontes atau pertandingan. Menurutnya ini adalah tingkat yang ilusif karena kebahagiaan ini tidak bertahan lama. karena itulah menurut Tony banyak bintang film atau artis terkenal dan kaya tetap tidak bahagia.

 

Yang kedua adalah Flow  atau aliran, adalah kebahagian ketika seseorang tenggelam dalam aktivitas yang benar-benar dinikmatinya. jenis kebahagian ini juga tak akan bertahan lama karena persoalan waktu yang jadi tidak relevan.

 

yang ketiga adalah Higher Purpose yaitu kebahagiaan melibatkan tujuan yang lebih tinggi karena melakukan sesuatu yang berarti bagi orang lain, atau terlibat dalam tujuan yang lebih besar.

 

Menurut Tony kebanyakan orang mengejar kebahagian dengan urutan Rock star, Flow, baru kemudian Higher Purpose. Seharusnya sebaliknya.

0 Comments: