Selasa, 30 Juni 2009

BERLIAN TIRUAN

Apa itu berlian tiruan? berlian tiruan adalah permata yang sengaja dibuat/digosok menyerupai berlian, baik dari batuan asli maupun sintetis.

Sudah sejak lama berlian imitasi atau tiruan digunakan sebagai perhiasan, Banyak orang tertipu karena mengira permata tiruan tersebut adalah asli, ada berbagai macam tiruan yang digunakan  antara lain :

Batuan Asli      : Quartz, Topaz, Saphire, serta Zircon

Batuan Buatan manusia : Synthetic Rutile, Synthetic spinel, Cubic Zirconia, Moissanite dll.

berlian

Untuk dapat mengurangi resiko membeli barang palsu apabila memiliki sedikit pengetahuan cara menguji, misalnya dengan cara :

  1. TEMBUS PANDANG : lihat ke dalam batu permata apakah anda dapat melihat tembus ke dalamnya? atau letakan diatas kertas koran dan lihat apakah Anda dapat melihatnya? jika ya berarti batu atau permata tersebut bukan berlian asli.
  2. MEMIRINGKAN BATU : letakan batu pada posisi miring dengan latar belakang gelap, perhatikan apakah anda dapat melihat bagian seperti kipas? yang agak gelap dan tidak memantulkan sinar? Jika ya berhati-hatilah berlian dengan proporsi yang kurang baik dapat terlihat seperti ini. 
  3. PANCARAN WARNA PELANGI : Gerakan batu dibawah sinar lampu dan perhatikan apakah pancaran warna pelangi kuat sekali atau tidak, jika ya kemungkinan besar bukan berlian tetapi Moissanite
  4. TELITI BAGIAN PINGGANG : Menggunakan kaca pembesar 10x perhatikan bagian pinggang jika pinggang agak halus dan seperti berlemak kemungkinan berlian.Jika tampak natural atau trigons dapat dipastikan berlian. Jika pinggang agak kasar dan mengkilap kemungkinan besar bukan berlian..
  5. BERBAYANG DUA (DOUBLING) : adalah kunci untuk membedakan Moissanite. Moissanite memiliki sifat berindeks bias ganda sedangkan berlian berindeks bias tunggal. Jika anda melihat garis-garis irisan atau pantulan pavilyun berbayang dua pada sebuah batu dengan pancaran warna pelangi yang mencolok besar kemungkinan moissanite. Moissanite kadang memiliki inklusi seperti jarum-jarum halus sejajar.
    moissanite
  6. DIAMOND TESTER : alat ini cukup membantu namun harus hati-hati menggunakannya, semua alat mempunyai keterbatasan dan tidak 100% menjamin, gunakan sesuai fungsinya serta bacalah petunjuk penggunaannya. 
    diamond tester

Untuk Anda yang masih awam dengan berlian belilah berlian di toko yang terpercaya, jangan membeli pada orang yang belum anda kenal. ***

 


 

 

0 Comments: